Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » LINTAS PERISTIWA » Bantuan DAK Dinas Pendidikan Pamekasan Diwarnai Dugaan Pungli

Bantuan DAK Dinas Pendidikan Pamekasan Diwarnai Dugaan Pungli

(72 Views) Mei 9, 2013 2:31 am | Published by | No comment

disdik_pamekasanPamekasan  –  Miliaran rupiah dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan tahun anggaran (TA) 2012 tidak lagi ditenderkan, melainkan di swakelola-kan. Padahal dalam mekanisme swakelola DAK pendidikan, pembangunan (sepenuhnya) di laksanakan oleh  pihak sekolah dan komite yang dibentuk  dalam wadah panitia pembangunan.

Dengan di swakelola-kan ke pihak sekolah itu sebenarnya dapat mempermudah instisusi, dalam hal ini  Dinas Pendidikan di daerah dalam membuka ‘persekongkolan’ seperti ramai dibicarakan, pelaksanaan DAK 2012 bidang pendidikan di Pamekasan justru disinylai sarat dengan dugaan Punglli atau pemungutan liar yang melibatkan puluhan bahkan ratusan  lembaga penerima DAK 2012.
Seperti yang terjadi di Daerah Pamekasan ini,  dugaan pungli ditubuh  DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN Pamekasan, terkait realisasi bantuan DAK ini memang cukup mengkhawtirkan dengan munculnya beberapa pengakuan dari beberapa penanggung jawab lembaga Pendidikan yang nota bene menjadi menerima ProgramDAK 2012. Modusnya setiap local dengan membentuk Kordinator di masing-masing  kecamatan.
Menurut sumber berita yang dapat di percaya , dari pengakuan beberapa kepala sekolah penerima DAK 2012 menyatakan, bahwa “ saya setelah menerima program DAK di 2012 sangat kaget namun harus melaksanakan  pembangunan rehab yang di terima demi baiknya sekolah yang sudah kurang layak di tempati Proses Belajar Mengajar ( PBM ),
 walaupun dana anggaran yang kami terima banyak yang harus penuhi seperti dana pengamanan agar kondusif, pastinya kami harus membaya kepada Dinas yang di kordinir oleh KORLAP yang telah di tunjuk oleh Dinas Pendidikan kurang lebih sebesar Rp 12 juta per Lokal.
Dan untuk Konsultan perencana yang pembayarannya di termin ke dua sebesar Rp 1juta per Lembaga, lain lagi untuk biaya pengamanan yang di tingkat kecamatan yang harus kami penuhi, jadi wajarlah kalau kualitasnya tidak optimal seperti yang di harapkan pemerintah”. jelas kepala sekolah yang tidak mau di sebutkan nama dan lembaganya secara panjang lebar pada wartawan FN
Penelusuran Madura Tani dan Forum Nusantara di sejumlah lokasi,  ternyata untuk  sekedar menemui Paniti Pelaksana Kegiatan ( PPK ) Dinas Kabupaten Pamekasan ( Hatip) atau Kabid Sekolah Dasar (Prama) tidak semudah yang di bayangkan alias  kesulitan. Beberapa Kasek di hubungi untuk kepentingan konfirmasi, termasuk kontak by phone dan SMS juga tak digubris.
Beruntung Namun pada Jum’at ( 5/4) kemarin,  upaya tim investigasi  dalam rangka  konfirmasi ke Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan ( HIDAYAT ) meski Via seluler cukup memuaskan, paling tidak menarik kesimpulan besar bagaiman mengurai dugaan pungli dalam pelaksanaan DAK 2012 di Kabuapaten yang dikenal dengan Gerbang Salam ini,
Kepada Wartawan , Hidayat memberikan penjelasan singkat dan komitmennya untuk ikut menuntaskan persoalan ini dengan serius,
 “ Ya, pasti kami tindak lanjuti mas kepada panitia, untuk di pertanyakan kebenaran dugaan pungutan seperti yang di konfirmasikan mas ke saya, dan saya sampaikan terimakasih” jawabnya di telephone kepada wartawan Madura Tani.
Dalam dunia pendidikan pemerintah pusat menggelontorkan Dana yang sumbernya APBN setiap tahunnya kepada masing masing daerh untuk DAK milyaran rupiah dan di tambah lagi oleh Pemerintah Daerah itu sendiri  sebesar 20% dari dana yang di terima.
Muncul dugaan kuat, pelaksana di daerah masih ibarat api jauh dari panggang mengingat kualitas bangunan yang di laksanakan tidak maampu bertahan sampai 5 tahun. (zai/fer)
Categorised in:

No comment for Bantuan DAK Dinas Pendidikan Pamekasan Diwarnai Dugaan Pungli

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create